10 Tempat Wisata Di Purbalingga, Lengkap Dengan Wisata Malam Yang Hits

Tempat wisata di Purbalingga didominasi oleh wisata alam yang dipadukan dengan sentuhan kebutuhan wisata kekinian. Sehingga wisata Purbalingga layak dijadikan rencana liburan anda selanjutnya.

Tempat wisata di Purbalingga memiliki berjuta potensi, terutama wisata alamnya. Bahkan, wisata air terjun, atau curug di Purbalingga sangat banyak.

Selain wisata alamnya memiliki sentuhan kekinian yang instagramable, di sisi lain wisata Purbalingga menyajikan wisata budaya, yang masih lestari di beberapa lokasi.

Tempat wisata di Purbalingga yang sudah buka, maupun masih dalam keadaan tutup sementara, sangat dipengaruhi oleh status level zonasi Kabupaten Purbalingga, Provinsi Jawa Tengah, di masa PPKM.

10 Tempat Wisata Di Purbalingga

1. Alun-Alun Purbalingga

alun alun purbalingga. google maps. sumber: Nur Azis

Lihat juga: daftar tempat wisata di Jember

Wisata yang cocok untuk semua usia, sekaligus ikon Kabupaten, adalah Alun-Alun Purbalingga. Saat ini, penataan kawasan Alun-Alun Purbalingga sangat baik sekali. Bahkan mampu menjadi wisata malam di Purbalingga yang instagramable, dan romantis.

Suasana saat siang, dengan malam di Alun-Alun Purbalingga tentu saja sangat berbeda sekali. Saat malam tiba, spot instagramable berpadu dengan warna-warni lampu malam yang sangat indah.

Selain itu, Alun-Alun Purbalingga bisa dijadikan tempat nongkrong yang nyaman. Karena lokasinya juga sangat strategis, berada di pusat perkotaan.

  • Lokasi Alun-Alun Purbalingga berada di alamat Jl. Jend. Sudirman, Kecamatan Purbalingga, Kabupaten Purbalingga, Provinsi Jawa Tengah.
  • Harga tiket masuk Alun-Alun Purbalingga gratis.

2. Kutabawa Flower Garden

kutabawa flower garden. google maps. sumber: Rendi Maulana

simak selengkapnya di artikel kutabawa flower garden

Kutabawa Flower Garden , atau Kutabawa Rainbow Garden adalah wisata Purbalingga yang memiliki daya tarik berupa hamparan lautan bunga-bunga yang cantik, tertata secara baik, sehingga menyajikan area yang instagramable.

Selain itu, Kutabawa Flower Garden juga dilengkapi dengan beragam fasilitas wisata lainnya, seperti area bermain anak, serta gazebo. Ada juga fasilitas warung penjual makan, dan minuman.

Kutabawa Flower Garden bukan hanya sekedar tentang spot populer untuk selfie. Tetapi di sisi lain juga memberikan edukasi tentang alam yang memberikan keindahan, jika dijaga, dan ditata secara baik.

  • Lokasi Kutabawa Flower Garden berada di alamat Desa Kutabawa, Kecamatan Karangreja, Kabupaten Purbalingga, Provinsi Jawa Tengah.
  • Harga tiket masuk Kutabawa Flower Garden Rp. 15.000.

3. Jembatan Cinta Pring Wulung

jembatan cinta pring wulung. google maps. sumber: Indiyani Nc

Simak juga: daftar tempat wisata di Bekasi

Kehadiran media sosial telah membawa dampak besar bagi sendi kehidupan manusia, termasuk dengan sektor wisata. Sisi positifnya, banyak tempat wisata yang berbenah dengan menghadirkan spot yang enak dipandang.

Bahkan, kawasan sawah juga ternyata setelah ditata sedemikian rupa, mampu menjadi spot instagramable. Termasuk di Jembatan Cinta Pring Wulung.

Jembatan Cinta Pring Wulung adalah kawasan sawah, dan perbukitan hijau yang dilengkapi dengan spot selfie yang kekinian, yang didominasi bahan bakunya dari bambu.

  • Lokasi Jembatan Cinta Pring Wulung berada di alamat Panusuoan, Kecamatan rembang, Kabupaten Purbalingga, Provinsi Jawa Tengah.
  • Harga tiket masuk Jembatan Cinta Pring Wulung Rp. 5.000.

4. Kampung Kurcaci

kampung kurcaci. google maps. sumber: Zam Tsalaatsa Putra

Kampung Kurcaci adalah wisata Purbalingga yang mengisyaratkan tentang kreativitas pemuda terhadap potensi alam di sekitarnya, untuk dijadikan destinasi wisata keluarga yang populer, dan hits di Purbalingga.

Kelompok pemuda tersebut bekerjasama dengan Perhutani, dan pemilik lahan, untuk menata kawasan tersebut dengan beragam spot wisata, salah-satunya spot Rumah Kurcaci.

Kampung Kurcaci adalah bangunan kecil, seperti Rumah The Hobbit, yang dihiasi dengan cat yang berwarna-warni, di sebuah kawasan alam terbuka.

  • Lokasi Kampung Kurcaci terletak di Lereng Gunung Slamet.
  • Alamat Kampung Kurcaci berada di Desa Serang, Karangreja, Kabupaten Purbalingga, Provinsi Jawa Tengah.
  • Harga tiket masuk Kampung Kurcaci Rp. 5.000.

5. Curug Tempuran

curug tempuran. google maps. sumber: Rianto Ajah

Simak juga: info tempat wisata di Sumedang

Wisata air terjun, atau curug di Purbalingga memang sangat banyak sekali. Dan salah-satu wisata air terjun yang populer, dan hits di kalangan muda-mudi adalah Curug Tempuran.

Curug Tempuran tidaklah terlalu tinggi. Namun kolam utamanya mampu menjadi pesona keindahan yang berpadu dengan alam sekitar yang masih asri.

  • Lokasi Curug Tempuran berada di alamat Jl. Raya Binangun, No.18. Pengalusan, Mrebet, Kabupaten Purbalingga, Provinsi Jawa Tengah.
  • Harga tiket masuk Curug Tempuran Rp. 3.000 per orang.

6. Puncak Sendaren

puncak sendaren. google maps. sumber: Sigit Djm

Puncak Sendaren adalah wisata Purbalingga yang menawarkan view alam Purbalingga dari ketinggian. Puncak Sendaren adalah puncak yang dilengkapi dengan beragam spot selfie yang kekinian, yang terletak di Puncak Gunung Sendaren.

Di Puncak Sendaren dilengkapi dengan spot selfie yang sangat populer di kalangan anak muda. Beberapa spot memang harus menuntut kehati-hatian bagi para pengunjung, dan tentu saja sangat berbanding lurus dengan hasil jepretan kamera, dan latar yang ditampilkan.

  • Lokasi Puncak Sendaren terletak di Gunung Sendaren.
  • Alamat Puncak Sendaren berada di Panusuoan, Kecamatan Rembang, Kabupaten Purbalingga, Provinsi Jawa Tengah.
  • Harga tiket masuk Puncak Sendaren Rp. 5.000.

7. Bendungan Slinga

bendungan slinga. google maps. sumber: Panca Purwoko

Baca: review tempat wisata di Jambi

Tempat wisata di Purbalingga selanjutnya adalah sebuah bendungan yang mampu ditata secara baik, sehingga menjadi wisata alam yang sangat populer di Purbalingga.

Bendungan Slinga, atau Selis, adalah bendungan yang sangat bersejarah. Karena Bendungan Slinga dibangun pada tahun 1920, pada saat Belanda masih menjajah di Indonesia.

Dan kini, Bendungan Slinga bukan hanya sekedar sebagai sebuah sistem air yang bermanfaat untuk masyakat saja, tetapi mampu menjadi wisata yang hits di Pubalingga. Bahkan Bendungan Slinga sering disebut sebagai pantainya Purbalingga.

  • Lokasi Bendungan Slinga berada di alamat Jalan Bendungan, Dusun II, Slinga, Kaligondang, Kabupaten Purbalingga, Provinsi Jawa Tengah.
  • Harga tiket masuk Bendungan Slinga Rp. 5.000.

8. Telaga Situ Tirta Marta

telaga situ tirta marta. google maps. sumber: Azka Maulana

Simak: daftar tempat wisata di Balikpapan

Suka dengan dunia fotografi? Atau eksis di media sosial, tetapi dengan konten yang nggak biasa? Maka jawabannya anda harus mengunjungi Telaga Situ Tirta Marta.

Telaga Situ Tirta Marta menyajikan pengalaman selfie di bawah air, atau dilengkapi dengan spot selfie underwater. Hal itu, dikarenakan airnya yang sangat jernih.

Begitupun dengan pesona alam di sekitarnya sangat nyaman, dan indah. Tetapi bagi yang ingin selfie di bawah air, harus menggunakan kamera khusus ya…

  • Lokasi Telaga Situ Tirta Marta berada di alamat Dusun III, Karangcegak, Kutasari, Kabupaten Purbalingga, Provinsi Jawa Tengah.
  • Harga tiket masuk Telaga Situ Tirta Marta Rp. 5.000.

9. Gua Lawa

goa lawa purbalingga. google maps. sumber: Aldhi Prima

simak selengkapnya di artikel gua lawa purbalingga

Gua Lawa adalah tempat wisata di Purbalingga yang memiliki karakteristik yang berbeda dengan gua-gua pada umumnya. Gua Lawa terbentuk akibat lava dari Gunung Slamet, pada jaman purbakala.

Gua Lawa sebetulnya adalah diksi umum yang menunjuk kepada sebuah gua yang dihuni banyak kelelawar. Dan di berberapa daerah di Indoneisa banyak yang memiliki Gua Lawa.

Tetapi Gua Lawa di Purbalingga berbeda dengan Gua Lawa pada umumnya. Sehingga sangat menarik, dan recommended untuk dijadikan list tujuan liburan selanjutnya.

  • Lokasi Gua Lawa berada di alamat Desa Siwarak, Kecamatan Karangreja, Kabupaten Purbalingga, Provinsi Jawa Tengah.
  • Harga tiket masuk Gua Lawa Purbalingga Rp. 20.000 untuk hari-hari biasa.

10. Purbasari Pancuran Mas

purbasari pancuran mas. google maps. sumber: zaky kurniawan

Tempat wisata di Purbalingga juga menyajikan wisata modern, edukatif, yang dilengkapi dengan fasilitas, dan wahana wisata yang modern, dan instagramable.

Maka wajar saja jika Purbasari Pancuran Mas selalu dipadati oleh pengunjung saat akhir pekan, maupun saat libur nasional. Terutama wisata keluarga.

Beberapa zona, atau spot wisata di Purbasari Pancuran Mas yang sangat populer di antaranya:

  • River World,
  • Waterboom,
  • Taman Burung,
  • Planet Aquarium Toyoshuka,
  • Wisata Air,
  • Taman Bermain,
  • Konservasi Rusa,
  • Diorama satwa.

Saat ini, Purbasari Pancuran Mas melayani pembelian tiket secara online, serta menerapkan protokol kesehatan bagi pengunjung yang datang.

  • Lokasi Purbasari Pancuran Mas berada di alamat Jl. Raya Purbayasa, Kecamatan Padamara, Kabupaten Purbalingga, Provinsi Jawa Tengah.
  • Harga tiket masuk Purbasari Pancuran Mas Rp. 23.000.

Source Link >>> Click Here

#Tempat #Wisata #Purbalingga #Lengkap #Dengan #Wisata #Malam #Yang #Hits