Curug Cileutak, Air Terjun Niagara Di Tasikmalaya

Curug Cileutak menghiasi deretan tempat wisata Tasikmalaya yang populer. Lokasinya berada di perbatasan dengan Kabupaten Pangandaran.

Curug Tasik yang satu ini, memiliki aliran yang cukup lebar yakni sekitar 20 meter. Maka tampaklah seperti Niagara Falls yang berada di perbatasan Ontario dengan Kanada.

curug cileutak. google maps. sumber: Galeri Madu Pangandaran

Kecamatan Cikatomas, secara administratif curug ini berada. Seperti sudah dibahas di artikel sebelumnya, di kecamatan tersebut banyak sekali tempat wisata curug yang masih alami dan cukup tersembunyi.

Aliran Curug Cileutak cukup deras, sehingga alirannya dimanfaatkan sebagai pembangkit listrik untuk menerangi rumah warga. Dengan dibangunnya sebuah saung hidro, yang berada tak jauh dari lokasi curug.

Berikut deskripsi mengenai Curug Cileutak atau Leuwi Leutak, untuk trip seru kamu bersama kawan atau keluarga di weekend ini.

Trekking Curug Cileutak

Sebelum kita bahas lebih jauh, kamu harus tahu dulu trekking menuju Curug Cileutak. Jarak yang harus ditempuh tak begitu jauh, kira-kira hanya memakan waktu sekitar 15 hingga 20 menit dari lokasi parkir kendaraan.

Jalur yang dilalui tak begitu mudah. Dimana kamu harus menyusuri jalan yang masih berupa tanah dan bebatuan, di kiri dan kanannya dihiasi oleh pepohonan.

jalur trekking. google maps. sumber: yuda razan

Tanjakan, turunan, perkebunan warga, area sawah, dan yang terakhir ialah menyusuri sungai. Nah, kalau sudah begitu lokasi Curug Cileutak tinggal sebentar lagi.

Kemudian naik ke atas, ke arah saluran air. Lalu menemui lagi jalan yang menurun, dimana sepanjang jalan kamu akan menemukan pipa-pipa yang cukup besar. Sampe deh di Curug Cileutak, Cikatomas, Tasikmalaya.

Daya Tarik Curug Cileutak

1. Air Terjun Yang Amazing

Setelah lelah trekking dengan medan yang cukup membuat kaki pegal, tibalah kamu di Niagaranya Tasikmalaya. Dengan ketinggian dari Curug Cileutak sekitar 15 meter, dan lebarnya ialah 20 meter.

Air yang mengalirnya cukup deras, bersih, turun melalui tebing batu yang berwarna hitam. Sehingga mengeluarkan suara deburan khas air terjun yang menenangkan.

nyantai di depan curug. google maps. sumber: Ngubek Ngubek Indonesia

Aliran air tersebut berasal dari Sungai Cileutak, namun ada pula yang mengatakan berasal dari Sungai Ciharuman. Yang menjadi pembatas geografis antara Tasik-Pangandaran.

Dan yang paling unik ialah adanya sebuah bangunan sederhana, yang biasa disebut Saung Hidro. Yang dimanfaatkan oleh warga sekitar sebagai pembangkit listrik untuk menerangi beberapa rumah warga di sekitar curug. Daya yang dihasilkan sekitar 4000 watt, langkah yang brilliant dalam memanfataan alam ciptaan Tuhan.

2. Ragam Wisata Seru

Di Curug Cileutak, kamu dapat melakukan beberapa ragam wisata seru yang nggak boleh kamu lewatkan, seperti:

  • Bermain air,
  • Berenang,
  • Body jumping,

Kolam alami di sekitar curugnya nggak begitu dalam, jadi aman untuk melakukan beberapa keseruan di atas. Pokoknya seru banget deh, airnya juga seger.

ragam wisata seru. google maps. sumber: Imron Rosyadi

Setelah puas bermain air, kamu dapat menggelar tikar di antara rimbunnya pohon bambu. Dan menyantap hidangan yang sudah kamu siapkan.

Lokasi dan Alamat Curug Cileutak

Lokasi Curug Cileutak berada di perbatasan Kabupaten Tasikmalaya dengan Kabupaten Pangandaran. Secara administratif berada di Desa Singdangasih, Kecamatan Cikatomas, Kabupaten Tasikmalaya.

Rute menuju Curug Cileutak dengan mengarahkan kendaraanmu menuju Cikatomas, ketika menemukan RM. Lemona di Salopa terus saja lurus menuju Jalan Lengkong Barat, arah Cikasuka.

Terus saja lurus mengikuti jalan utama, hingga tiba di kantor kelurahan. Kamu dapat bertanya sama warga sekitar, untuk mengarahkan menuju Curug Cileutak.

rute menuju curug cileutak. google maps. sumber: wajah kehidupan

Kamu dapat memakirkan kendaraan di tempat yang kira-kira aman, gunakan kunci ganda sebelum lanjut trekking. Akses jalan menuju Curug Cileutak, tak begitu lebar sehingga lebih baik menggunakan kendaraan roda dua atau motor.

Harga tiket Masuk Curug Cileutak

Tiket masuk Curug Cileutak masih gratis, kamu nggak usah membayar sepeser pun.

Jam Buka Curug Cileutak

Karena belum dikelola secara maksimal, jam operasional dari Curug Cileutak pun tidak ada. Itu artinya terbuka selama 24 jam sehari, 7 hari seminggu.

Waktu terbaik mengunjungi Curug Cileutak ialah di pagi hari, karena masih kurangnya penerangan jalan di sepanjang perjalanan.

Fasilitas Curug Cileutak

Fasilitas yang ada di sekitar Curug Cileutak belum tersedia apa-apa.

piknik bersama. google maps. sumber: Imron Rosyadi

Tips Wisata

  • Datanglah di pagi hari, dengan keadaan cuaca cerah, tidak hujan, apalagi mendung.
  • Gunakan alas kaki yang nyaman dan tidak licin.
  • Bawalah bekal makanan dan minuman seperlunya.
  • Jika mengajak serta anak-anak, jaga ketika melakukan trekking dan waktu bermain air.
  • Jaga selalu kebersihan di sekitar lokasi Curug Cileutak.

Penutup

Curug Cileutak, Cikatomas, Tasikmalaya, dapat dijadikan salah satu wisata curug atau air terjun bersama keluarga ataupun kawan-kawan di weekend ini.

Dijamin seru dan ngga terlupakan banget deh….

Source Link >>> Click Here

#Curug #Cileutak #Air #Terjun #Niagara #Tasikmalaya