Curug Cisarua, Keindahan Salah Satu Air Terjun di Kota Garut

Wisata Curug Cisarua ini merupakan salah satu wisata curug atau air terjun yang ada di Kabupaten Garut, Jawa Barat. Seperti yang kalian tahu di kota dodol ini memiliki destinasi wisata alam yang cukup banyak. Misalnya saja:

  • Curug Orok,
  • Desa Wisata Sindang Kasih,
  • Pantai Sayangheulang,
  • Papandayan,
  • Curug Sang Hyang Taraje,

Pokoknya masih banyak lagi banget deh….

curug cisarua. google maps. sumber: m. zainuddin

Kali ini saya akan mengulas tentang salah satu curug atau air terjun yang ada di Kabupaten Garut, tepatnya di Kecamatan Cilawu, yakni Curug Cisarua.

Ternyata bukan hanya Bogor yang memiliki Curug Cisarua, di Garut pun ada sebuah curug yang bernama Curug Cisarua. Yang berada di kaki Gunung Cikuray, dan lokasinya cukup tersembunyi. Curug mulai diresmikan dan dijadikan destinasi wisata pada tahun 2016 oleh Bupati Garut, Rudy Gunawan.

Curug Cisarua berada di Ketinggian 1.400 Mdpl yang lumayan sangat tinggi untuk ukuran curug, so pastinya pemandangannya indah banget.

Tidak lupa juga bagi kalian yang ingin berkunjung kalian bisa sekalian datang ke Curug Aden dan Curug Cihanyawar karena lokasinya tidak terlalu jauh dari curug ini.

Trekking Curug Cisarua

kece banget. google maps. sumber: Rifqi Muharram

simak juga: Curug Orok

Karena berada di ketinggian sekitar 1.400 mdpl, dan berada cukup tersembunyi, secara tidak langsung kamu sudah mengetahui bahwa harus melakukan trekking terlebih dahulu.

Ya, untuk menikmati keindahan Curug Cisarua, kamu harus melakukan trekking dengan menyusuri jalan setapak yang masih rindang dengan hiasan alam yang sejuk.

Jalan setapaknya masih berupa tanah dan bebatuan, dikiri dan kanannya sebagian tertutupi beberapa tanaman yang cukup tinggi.

Jalurnya tidak terlalu menanjak atau turunan yang cukup tajam, masih bisa lah dilalui oleh kaum emak-emak milenial hehehe….

Akses jalan atau trekking dari parkiran menuju Curug Cisarua ini menempuh sekitar 2 Km atau dengan estimasi waktu sekitar 25 menit.

Rasa lelah tak begitu kamu rasakan, karena sepanjang perjalanan menikmati pemandangan yang sangat indah, dengan melewati perkebunan sayuran dan juga area pesawahan.

trekking menuju curug cisarua. sumber: fahira

simak juga: Curug Sang Hyang Taraje

Setelah berjalan lama kalian akan melewati aliran sungainya dengan jembatan dari beberapa batang pohon kayu di harapkan kalian hati-hati ya saat melewatinya.

Kamu bisa juga menjadikannya sebagai spot untuk berfoto, dengan latar aliran Curug Cisarua yang cukup tinggi.

Lokasi dan Alamat Curug Cisarua

Lokasi Curug Cisarua ini beralamat di Kampung Kopi Patrol, Desa Sukamurni, Kecamatan Cilawu, Kabupaten Garut, Jawa Barat.

Rute menuju Curug Cisarua ini apabila dari Garut kota, akan menempuh dengan perjalanan sekitar 23 Km, dengan estimasi waktu 50 menit lewat jalan menuju Cilawu ke arah Tasik.

Kalian bisa datang kesini dengan kendaraan roda 2 ataupun roda 4, dengan kendaraan umum pun bisa dengan menaiki angkot rute cilawu warna putih biru lalu turun dengan patokan Pasar Bojong Loa deket sd dan pangkalan ojek.

jembatan spot favorit pengunjung. google maps. sumber: Rian Jaelani

Dari situ kalian belok ke arah kanan dari jalan raya akan mendapat akses ke Desa Sukamurni, lalu kalian akan mengikuti jalan akses ke Desa Kopi waktu yang ditempuh sekitar 15 menit.

Setelah itu kalian ikuti jalan tersebut hingga sampai di belokan langsung terlihat pos ronda dengan bertuliskan arah dari tempat parkir ke arah Curug Cisarua.

Harga Tiket Curug Cisarua

Untuk harga tiket masuk Curug Cisarua tidak ada tiket masuk resminya, namun setiap pengunjung yang datang ketempat ini diharuskan membayar sebesar Rp. 6.000,-/orang dan itu sudah termasuk biaya parkir.

Tetapi saya sendiri waktu mengunjungi objek wisata ini, tidak mengeluarkan biaya sepeserpun. Karena tidak ada yang berjaga. Mungkin karena pengunjung yang datang masih jarang.

jalur yang tidak membosankan. google maps. sumber: Al Marson

simak juga: Desa Wisata Sindang Kasih

Jam Buka Curug Cisarua

Jam operasional Curug Cisarua dibuka setiap hari selama 24 jam nonstop. Waktu terbaik mengunjungi Curug Cigamea ialah di pagi hari dengan keadaan alam yang masih sejuk,

Dan kalian pun juga masih punya banyak waktu untuk mengeksplor curug lain yang ada di sekitarnya seperti Curug Aden dan Curug Cihanyawar.

Fasilitas Curug Cisarua

Fasilitas di sekitar curug tidak ada apa-apa, yang ada hanya rindangnya pepohonan berserta deburan curug yang menenangkan. Fasilitas pendukung hanya tersedia di lokasi parkir, seperti:

  • Area parkir kendaraan,
  • Warung makanan dan minuman,
  • Kamar mandi,
  • Mushola.

Daya Tarik Curug Cisarua, Cilawu, Garut

1. Air Terjun

keseruan di sekitar curugnya. google maps. sumber: Lukman Nurhakim

simak juga: Kolong Langit Coffee Camp

Curug Cisarua memiliki ketinggian sekitar 50 meter, dengan mengalirkan air yang cukup deras diantara tebing batu yang berwarna hitam pekat.

Aliran air terjunnya cukup deras, sampai-sampai hembusan anginnya dapat kamu rasakan dari kejauhan. Airnya sangat jernih dan pastinya menyegarkan.

Di sekitar aliran airnya banyak terdapat bebatuan dengan ukuran yang beragam. Yang biasa digunakan pengunjung untuk duduk-duduk sambil menikmati cipratan air, atau dijadikan spot untuk berfoto.

Kamu dapat bermain air di aliran air curugnya, namun hindari untuk berada langsung tepat di bawah curahan air dari Curug Cisarua ini.

Trekking yang jauh dan cukup melelahkan, terbayarkan sudah dengan segarnya air di Curug Cisarua. Namun kamu harus siap-siap dengan dinginnya air dari Curug Cisarua.

2. Alamnya Yang Masih Asri

dikelilingi alam yang masih asri. google maps. sumber: Dwinoviko Kahadani

simak juga: Pantai Sayang Heulang

Daya tarik selanjutnya dari Curug Cisarua adalah pesona alam sekitarnya. Alam di sekelilingnya didominasi oleh view hutan pinus, serta rindangnya pepohonan.

Curug Cisarua memiliki alam yang masih asri, hal tersebut ditandai dengan masih banyaknya pepohonan di sekitar curug serta kondisi air yang sangat jernih.

Dan untuk lokasi untuk lokasi selfie atau swafoto dengan latar alam yang elok sudah tersaji dari sejak trekking menuju lokasi utama Curug Cisarua.

Dengan keindahan alam yang dimilikinya, wajar jika beberapa pecinta alam terlihat sedang mendirikan tenda di sekitar Curug Cisarua. Sepertinya mereka ingin camping, dan menikmati curug lebih lama lagi.

camping di sekitar curug. sumber: fahira

Tips Wisata

  • Pastikan kondisi cuaca sedang cerah, tidak mendung apalagi turun hujan.
  • Gunakan alas kaki yang nyaman dan tidak licin.
  • Bawalah persediaan makanan dan minuman, sebagai bekal kamu.
  • Jaga selalu kebersihan di sekitar lokasi Curug Citiis.

Source Link >>> Click Here

#Curug #Cisarua #Keindahan #Salah #Satu #Air #Terjun #Kota #Garut