Curug Sawer Mandalamekar, No Trekking, No Waterfall

Curug Sawer Mandalamekar menambah daftar panjang khazanah wisata air terjun di Tasikmalaya, yang sangat direkomendasikan untuk dikunjungi saat akhir pekan tiba.

Curug Sawer Mandalamekar meskipun belum memiliki fasilitas yang baik, tetapi pesona alam yang disajikan mampu memanjakan mata pengunjung.

curug sawer mandalamekar tasikmalaya. google maps. sumber: WNext_Fajar

Saat air yang jatuh dari ketinggian, seakan membentuk sebuah tirai raksasa. Maka, wajar saja jika Curug Sawer Tasikmalaya selalu dikunjungi terutama oleh muda-mudi yang suka ngevlog, atau hunting foto.

Objek wisata air terjun yang memiliki nama Curug Sawer, sebetulnya bukan hanya ada di Tasikmalaya saja. di beberapa daerah lainpun ada wisata yang memakai diksi Curug Sawer, dan telah dibahas lengkap di artikel sebelumnya.

Adapun objek wisata lain yang memiliki nama sama, yaitu Curug Sawer adalah sebagai berikut:

Dan artikel yang saat ini anda baca, adalah informasi tentang Curug Sawer Mandalamekar Tasikmalaya. Sebuah pesona keindahan tersembunyi, wisata Tasikmalaya yang populer di kalangan anak muda.

Simak juga: Wisata Alam Pasir Kirisik

Lokasi Curug Sawer Mandalamekar

Lokasi Curug Sawer Mandalamekar berada di alamat Desa Mandalamekar, Kecamatan Jatiwaras, Kabupaten Tasikmalaya, Provinsi Jawa Barat.

Rute Menuju Curug Sawer Mandalamekar

Jalan menuju Curug Sawer Mandalamekar Tasikmalaya bisa ditempuh dengan menggunakan kendaran roda dua, maupun roda empat. Hanya saja, untuk mobil harus parkir lebih jauh dari lokasi, jika dibandingkan dengan motor.

Lokasi parkiran Curug Sawer Tasikmalaya dititipkan di rumah warga, baik mobil, maupun motor. Saat mulai memasuki Desa Mandalamekar, terutama saat dekat ke lokasi Curug Sawer Mandalamekar, kondisi jalannya tidak terlalu bagus.

Oleh karena itu, pastikan kondisi kendaraan anda dalam kondisi baik, terutama ban. Jika anda menggunakan motor, maka jarak menuju lokasi utama Curug Sawer tidak terlau jauh.

Jarak tempuh menuju Curug Sawer Mandalamekar dari alun-alun Kabupaten Tasikmalaya berjarak sekitar 38 kilometer, dengan waktu tempuh 1 Jam 30 menit perjalanan.

Simak juga: Pantai Pamayangsari

Trekking Menuju Curug Sawer Mandalamekar

trekking menuju curug sawer. google maps. Eri Riza

No trekking, no waterfall, kira-kira itulah ungkapan yang tepat untuk menggambarkan kunjungan wisata ke objek wisata air terjun. Tak lengkap sensasi wisatanya, tanpa melakukan perjalanan dengan cara berjalan kaki, menuju lokasi utama.

Setelah kendaraan anda diparkir, atau dititipkan di rumah warga, maka lanjutkan perjalanan menuju lokasi utama Curug Sawer, melalui area pesawahan.

Jarak dari area sawah menuju lokasi Curug Sawer Tasikmalaya sekitar 500 meter. Para pengunjung akan melewati jalan setapak, kalau dalam bahasa sunda melewati galengan sawah.

Curug Sawer Mandalamekar terletak setelah area sawah tersebut. Oleh karena itu, usahakan dalam rombongan wisata anda, terdapat orang yang sudah pernah berkunjung sebelumnya, karena masih minim rambu-rambu penunjuk jalan.

Saat musim hujan tiba, kondisi jalan setapak tersebut akan menjadi sangat licin. Oleh karena itu, berhati-hatilah dalam melangkah, serta gunakan alas kaki yang tepat.

Simak juga: Curug Putih

Harga Tiket Masuk Curug Sawer Mandalamekar

  • Tiket masuk Curug Sawer Mandalamekar Tasikmalaya gratis.
  • Tiket parkir Curug Sawer Mandalamekar tergantung kesepakatan dengan rumah yang dititipkan.

Jam Buka Curug Sawer Mandalamekar

Curug Sawer Mandalamekar buka dari pukul 07.00 – 17.00

Curug Sawer Mandalamekar Tasikmalaya buka setiap hari.

Sebetulnya, pengelolaan Curug Sawer Mandalamekar belum tertata secara baik. Maka, jam operasional resminya belum ditentukan.

Fasilitas Di Curug Sawer Mandalamekar

wisata curug sawer tasikmalaya. google maps. sumber: Noviyandi

Fasilitas wisata di Curug Sawer Mandalamekar masih sangat minim. Belum ada area parkir khusus, maupun toilet khusus untuk pengunjung.

Meskipun begitu, pesona keindahan yang ditawarkan oleh Curug Sawer mampu mendatangkan pengunjung setiap minggunya.

Simak juga: Curug Cimanintin

Daya Tarik Curug Sawer Mandalamekar

1. Air Terjun Yang Eksotis

pesona curug sawer mandalamekar. google maps. sumber: Roedy Rustam

Daya tarik utamanya tentu saja sebuah air terjun yang sangat eksotis, yang bernama Curug Sawer Mandalamekar Tasikmalaya,yang berpadu dengan pesona keindahan alam sekitar.

Curug Sawer Mandalamekar memiliki ketinggian sekitar 50 meter. Jika musim hujan, atau saat debit air sedang tinggi, maka arus air yang turun akan terlihat seperti tirai raksasa.

Tetapi, saat hujan turun, para pengunjung yang masih berada di lokasi utama diharapkan untuk segera menjauh dari area tersebut, untuk menjaga hal-hal yang tidak diinginkan.

2. Pesona Alam Sekitar

kolam utama curug sawer tasikmalaya. google maps. sumber: UDAR1DER CHANNEL

Daya tarik selanjutnya adalah pesona alam sekitarnya yang didominasi oleh bebatuan besar, dari mulai batuan kecil, hingga batuan besar.

Kolam utama Curug Sawer Mandalamekar bisa digunakan untuk melakukan aktivitas wisata. Warna air yang ada di kolam utama sangat memanjakan mata, karena berwarna hijau toska, dan batuan besarnyapun berwarna kuning.

Yang paling penting, selalu utamakan keselamatan, perhitungkan cuaca, serta siapkan perbekalan, karena di lokasi utama tidak ada warung yang berjualan makanan, atau minuman.

Selain itu, kondisi arus air Curug Sawer Mandalamekar sangat dipenagruhi oleh musim. Saat musim hujan, akan besar, dan saat musim kemarau debit airnya menjadi sedikit.

Source Link >>> Click Here

#Curug #Sawer #Mandalamekar #Trekking #Waterfall