Wanawisata Cidomas, Menyelami Blue Rivernya Purwakarta

Wanawisata Cidomas merupakan tempat wisata alam bertemakan air yang menyejukkan, bukan hanya pemandangannya saja yang sejuk namun Sungai Cidomas yang menjadi primadonanya juga memikat.

Dimana Sungai Cidomas airnya berwarna biru dan jernih banget, sampai-sampai kamu dapat melihat ke dasar kolamnya. Sehingga pengunjung menyebutnya dengan Blue Rivernya Purwakarta.

Purwakarta memang terkenal memiliki tempat wisata alam yang masih asri dan terjaga dengan baik, sebut saja:

  • Curug Suhada,
  • Waduk Jatiluhur,
  • Situ Wanayasa,
  • Tebing Boyer,
  • Hidden Valleyhills, dan masih banyak lagi yang lainnya.
suasana alam yang masih asri. google maps. sumber: Levi Kenzie

simak juga: tempat wisata purwakarta

Berikut gambaran lengkap mengenai Wanawisata Cidomas, sebagai bahan referensi untuk liburan kamu bersama kawan atau keluarga di weekend ini.

Lokasi dan Alamat Wanawisata Cidomas

Lokasi Wanawisata Cidomas berada di kaki Gunung Burangrang. Secara administratif berada di Jl. Wanayasa, Desa Babakan Garokgek, Kampung Cidomas RT 01/01, Kecamatan Kiarapedes, Purwakarta, Jawa Barat.

Rute menuju Wanawisata Cidomas dapat ditempuh setelah melewati Situ Wanayasa, yakni sekitar 7 km ke arah Subang. Karena memang lokasinya berada di perbatasan Purwakarta – Subang.

Ketika menemukan pertigaan jalan, beloklah ke kiri menuju Jalan Cagak ke arah Garokgek. Teruslah melaju hingga kamu berada di ICG (Islamic Center Garokgek), untuk kemudian belok kiri menuju kawasan Wanawisata Cidomas.

Setelah memakirkan kendaraan di tempat yang aman, kamu harus melanjutkannya dengan berjalan kaki dengan menuruni jalan yang masih berupa tanah dan juga cukup terjal.

Jika membawa serta anak-anak selalu dampingi ketika berjalan. Meski perjalanannya cukup melelahkan, suasana alam yang masih sangat asri terlihat jelas di sepanjang jalan.

jalur menuju wanawisata cidomas. google maps. sumber: Levi Kenzie

simak juga: curug suhada

Jam Buka Wanawisata Cidomas

Jam operasional dari Wanawisata Cidomas belum ditetapkan secara resmi, waktu terbaik mengunjunginya ialah di pagi hari. Dimana keadaan udara masih sangat sejuk.

Tiket Masuk Wanawisata Cidomas

Harga tiket masuk Wanawisata Cidomas saat ini masih gratis, kamu hanya perlu mengeluarkan biaya untuk membayar parkir saja.

Fasilitas di Wanawisata Cidomas

Wanawisata Cidomas saat ini dikelola oleh warga sekitar, fasilitas yang ada diantaranya:

  • Area parkir kendaraan,
  • Warung makanan dan minuman sederhana,
  • Area untuk camping.
blue rivernya tasikmalaya. google maps. sumber: Myshop martin

simak juga: waduk jatiluhur

Daya Tarik Wanawisata Cidomas

Meski baru dibuka secara umum sebagai tempat wisata pada tahun 2014 lalu, Wanawisata Cidomas hingga saat ini selalu memikat para pengunjung yang terpikat akan keindahannya. Berikut beberapa daya tarik yang dimiliki:

1. Sungai Cidomas

Sungai Cidomas memiliki beberapa aliran mata air di sepanjang sungainya. Air yang mengalir sangat jernih juga menyegarkan. Hanya sayangnya keadaan air di Sungai Cidomas sangat dipengaruhi oleh musim.

sungai cidomas. google maps. sumber: Saepulloh S

simak juga: situ wanayasa

Jika musim kemarau berkepanjangan melanda akan mempengaruhi debit air dari Sungai Cidomas itu sendiri. Jadi waktu terbaik mengunjungi Wanawisata Cidomas ialah di musim hujan.

Alam di sekitar Sungai Cidomas masih sangat asri, semuanya masih terjaga dan dirawat dengan baik. Suasana alam yang sejuk dan indah akan dapat kamu rasakan di sini.

Tak heran jika pengunjung yang datang bukan hanya dari daerah Purwakarta saja, melainkan ada pula dari Karawang, Bekasi, Bandung, Jakarta, dan lain sebagainya.

2. Ragam Wisata Seru

Ketika berada di Wanawisata Cidomas, kamu dapat melakukan keseruan sebagai berikut:

  • Berenang,
  • Body jumping, dan
  • Camping.
salah satu keseruan di sungai cidomas. google maps. sumber: Akmal Triyas Adhiprastha

simak juga: hidden valley hills

Kedalaman Sungai Cidomas sekitar 10 cm hingga 2 meter bahkan ada juga yang lebih. Karena memiliki air yang jernih, pengunjung terkadang terkecoh. Terlihat dangkal padahal dalam.

Sebaiknya untuk kamu yang nggak begitu pandai berenang, tetap berada di kedalaman yang aman. Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Di sekitar sungai terdapat bebatuan yang biasa digunakan pengunjung untuk melakukan lompatan atau body jumping. Lakukan dengan berbagai gaya sepertinya seru.

Jika hendak menikmati keheningan di malam hari, tersedia area untuk mendirikan tenda dan berkemah di tempat tersebut. Dengan sebelumnya harus meminta izin terlebih dahulu pada pihak pengelola.

Tips Wisata

  • Pastikan kondisi cuaca sedang cerah, dan tidak habis turun hujan. Karena akses jalan yang masih berupa tanah, akan lebih sulit dijangkau ketika hujan tengah turun atau setelah hujan turun.
  • Selalu jaga dan awasi anak-anak ketika bermain air.
  • Jagalah kebersihan di sekitar Sungai Cidomas.
  • Berhati-hatilah ketika melakukan body jumping.
  • Gunakan alas kaki yang nyaman dan tidak licin.
  • Pastikan kondisi kendaraan kamu dalam keadaan prima.
airnya jernih banget. google maps. sumber: Myshop martin

simak juga: tebing boyer

Penutup

Wanawisata Cidomas dapat menjadi alternatif lain dalam bermain air, apalagi dengan suasana alamnya yang masih asri dapat secara tidak langsung mengenalkan lingkungan pada anak-anak.

Dengan selalu menjaga, melestarikan, dan tidak merusaknya. Jika kita menjaga alam, maka alam akan menjaga kita!

Source Link >>> Click Here

#Wanawisata #Cidomas #Menyelami #Blue #Rivernya #Purwakarta